Selasa, 03 Januari 2017

Devianart The world's largest online art gallery and community



Seperti slogan diatas Devianart memang benar-benar situs seni dan galeri terbesar di dunia.
Harts akan mereview devianart tapi sebelum di review kalian harus tahu dulu awal mula sejarah dan berdirinya hingga sampe menjadi sebesar ini.


Awal Mula

Devianart pertama kali di terbitkan sekitar 07/08/2000 oleh Scott Jarkkoff, Angelo Sotira, dan Matt Stephens. Diawali dengan Scott sebagai progammer, Matt sebagai seniman yang mencari tahu apa yang dibutuhkan para artist, dan Sotira yang mengurusi aspek bisnis dan hukum Devianart sebagai sebuah perusahaan. Sotira mengaku awal modal Devianart hanyalah sebesar $15.000.
Devianart diperkenalkan ke publik secara resmi pada tahun 2001. Devianart,inc berkantor di pusat kawasan Hollywood Los Angeles, California, Amerika Serikat.

Nah kalian sudah tau sejarah singkatnya kan mari kita review secara mendetail dan mendalam.
Devianart merupakan sebuah art network yang memungkinkan untuk mengekspresikan dan berbagi karya dengan orang lain. Karyanya bisa berupa photo, gambar, dan animasi bergerak. Eh masa cuma itu Harts, gak kok masih banyak yang bisa kamu temukan disini mulai dari manga, tutorial, resource game, dan juga file-file yang berkaitan dengan software-software kreatif seperti visual novel, rpg maker dan banyak yang lainnya

contoh resource game dari Devianart

Kamu disini juga bisa saling berkomentar dan berinteraksi dengan seniman-seniman favorit kamu di Devianart. Selain itu kamu bisa menghasilkan uang disini dengan menjual karya-karya terbaik kamu untuk dijual di Devianart. Situs ini memang benar-benar sangat menakjubkan dalam pengalaman pribadi saya untuk mencari kebutuhan resource sebuah software di komputer saya seperti file miku-miku dance atau resource Comipo memang sangat mudah untuk mencarinya di Devianart. Saya benar-benar terbantu oleh itu.

Tapi walau begitu ada kelebihan dan kekuranganya bila kalian ingin tahu apa kelebihan dan kekurangannya silahkan simak dibawah ini.

Kelebihan devianart 

  • Sebagai sarana untuk mencari inspirasi
  • Memudahkan penggunanya untuk share karya seninya
  • Dapat mengunduh karya secara gratis tanpa perlu takut melakukan pelanggaran hak cipta, tetapi tetap harus dicantumkan siapa pembuatnya untuk menghargai.
  • Dapat berinteraksi dengan orang-orang di seluruh dunia
  • Sering mengadakan live events, diantaranya adalah DevianArt Summit, DevinArt Meets, DevianArt World Tour, dan company interest from elsewhere
  • Setiap member bisa membuat jurnal DevUser atau disebut Devious Journal Entry,yang berguna untuk karir di masa depan nanti. Misalnya, bila ada sebuah sekolah yang mencari guru seni setelah melihat jurnal-jurnal yang anda buat
  • Setiap hasil karya yang sudah di unggah di situs Devianart akan mendapat sebuah hak cipta resmi oleh karena itu anda dapat menjual karya tersebut dan mendapatkan keuntungan (menyangkut  Creative Commons) lisensi
  • Mempunyai kesempatan untuk bekerja sama dan bergabung di DevianArt.inc. Seperti yang ditulis di situsnya "Kami selalu mencari individu-individu berbakat dan cerdas"


Kekurangan Devianart

Sebenarnya kekurangan Devianart hanyalah satu yaitu dalam segi menampilkan halaman, dikarenakan situs ini banyak sekali menampilkan gambar dan karya animasi lainnya sehingga sangat membutuhkan koneksi yang mendukung dan stabil. Jadi kalau koneksi di rumah kamu lemah, sabar-sabar aja yach kalau nampilin gambarnya lama wkwkwwk. Selain itu kalau kamu ingin mendapatkan full fitur dari situs ini kamu harus menjadi member premium dulu dengan cara membayarnya beberapa puluh dollar perbulan,

Contoh art dari Devianart

Kesimpulan situs ini sangat aman untuk menjaga data-data privasi anda jadi jangan khawatir untuk di hack dan situs ini memang benar-benar tongkrongan nya anak seni jadi kalau kamu anak seni tapi belum main kesini pasti bakal nyesel karena melewati karya-karya yang bisa menginspirasi kamu.

Semoga DevianArt akan selalu menjadi tempat favoritnya anak seni.